ADA satu bentuk yang begitu menonjok ketika sutradara Jordan Peele debut dengan Get Out (2017) dan disusul Us (2019). Kedua film itu mampu memberikan bentuk horor yang punya kesegaran dengan kritik isu sosial yang begitu menohok. Soal kelas, juga ras.
Namun, tak elegan sebagaimana dalam Get Out ataupun Us, kritik yang disuarakan Peele kali ini terdengar begitu harfiah. Mengawali Nope, Peele berbicara tentang sejarah gambar bergerak yang sejak mulanya juga ada andil komunitas kulit hitam lewat cerita The Horse in Motion (Eadweard Muybridge) yang merekam gambar laki-laki menunggangi kuda. Sosok penunggang kuda tidak pernah dibicarakan, yakni sosok laki-laki tersebut ialah laki-laki kulit hitam.
Nope berlatar di lanskap peternakan kuda yang dijalankan Otis ‘OJ’ Jr (Daniel Kaluuya, juga membintangi Get Out), adiknya Emerald (Keke Palmer), dan sang ayah, Otis Haywood Sr (Keith David). Mengklaim bahwa sosok penunggang kuda misterius itu ialah moyang mereka, keluarga tersebut menjalankan bisnis penyediaan kuda terlatih untuk produksi film dan televisi. Lanskap peternakan kuda itu sekaligus mewarnai Nope dengan nuansa Western, dengan komposisi gambar-gambar extreme shot p....